Jumat, 22 Juni 2012

Personality Disorders


Ada 3 macam gangguan keperibadian :
A.    Ood Eccentric ( Aneh/Eksentrik )
      kelompok aneh terdiri dari :
·      Paranoid
Kecurigaan yang berlebihan/besar tanpa beralasan yang jelas.
·      Shizoid
Sebuah gangguan kepribadian yang ditandai oleh kurangnya minat dalam hubungan sosial, afek yang datar dan penarikan diri dari lingkungan sosial (Socisl withdrawal).
·      Schizotypal
Gangguan yang ditandai dengan keeksentrikan oleh sosial, perilaku, memiliki kepercayaan pada magical, tidak bisa memperhatikan, menarik diri dari lingkungan sosial dan cenderung ekstrim dan cara berfikirnya yang aneh.

     B.     Dranatic ( Dramatik/Eretik )
     Jenis-jenis dramatik, yaitu :
·           Ambang
Gangguan emosi dan interpersonal tidak stabil, gangguan penerimaan orang tua dan anak (psikodinamika), sering terjadi pada wanita. Akibatnya jadi pemicu, pemakai obat-obatan terlarang (bentuk pelampiasannya).
·           Histrionik
Ingin diperhartikan lebih (ekstrovert)
Contonya seperti, ketika sedang tersinggung pingsan. Kebutuhan besar untuk mencari perhatian dan perubahan ekspresi secara cepat, berlebihan sangat mudah tersinggung.
·           Narsistik
Tingkah laku (sulit interpersonal) karrena selalu diyakinkan oleh orangtua cantik, pintar dan lain-lain. Susah untuk disembuhkan termasuk kronis. Orang yang memiliki gangguan ini kurrang mempunyai rasa empati, iri pada orang lain, bersifat arogan.
·           Anti sosial dan Psikopat
Anti sosial : melibatkan perilaku tidak peduli terhadap orang lain. ciri-cirinya, suka memperdaya orang lain, tidak memiliki hati nurani, tidak pernah menyesal menyakiti orang lain. (kemiskinan emosi/didukung dengan anti sosial 75,80%).
Psikopat : perilaku yang melanggar norma-norma atau aturan-aturan. Tidak mampu untuk mengikuti atau mentaati peraturan.

     C.    Anxious/Fearful Cluster ( Pencemas/Ketakutan )
     Terdapat 2 tipe kepribadian pencemas :
·           Menghindar ( Avoidant )
Umumnya enggan menjalin hubungan jika tanpa kepastian, punya minat untuk menjalin hubungan dengan orang lain tetapi terbatasi.
·           Tergantung ( Dependent )
Pola kepribadian yang didominasi untuk tidak bisa berdiri sendiri, kurrang PD (percaya diri) dengan dirinya sendiri. PD jika banyak support dari orang lain.




Referensi : Psikologi Abnormal

1 komentar:

  1. hei kawan, jangan lupa pasang link Universitas Gunadarma,
    studentsite dan lain lain karna link link tersebut mempengaruhui kriteria penilaian mata kuliah soft skill lho!

    Oh ya, Yuk kita ikut lomba 10 kategori lomba khusus bagi mahasiswa Universitas Gunadarma. Edisi Desember2012 ini diperuntukan bagi mahasiswa S1 dan D3. Tersedia 100 pemenang, atau 10 pemenang untuk setiap kategori. link

    http://studentsite.gunadarma.ac.id/news/news.php?stateid=shownews&idn=755


    kalian nggak mau ketinggalan kan untuk update terhadap berita studentsite dan baak , maka dari itu, yuk pasang RSS di Studentsite kalian.. untuk info lebih lanjut bagaimana cara memasang RSS ,silahkan kunjungi link ini
    http://hanum.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.5

    makasi :)

    BalasHapus