Kamis, 07 Juni 2012

Fungsi Otak Akan Menurun Bila Tidak Digunakan


       Di Amerika Serikat, seorang pria yang berusia 80 tahun yang sudah tidak bekerja lagi. Dia menghabiskan waktunya untuk bermain golf, berjalan kaki, dan banyak hal-hal menarik lainnya yang ia lakukan setiap hari. Walaupun penurunan memeori tidak bisa dihindari di usia tua, sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa penurunan ini bisa sangat bervariasi dari satu orang dan orang lain.
            Orang-orang seperti pria tersebut tetap menjaga kondisi fisik, sosial dan mental untuk tumbuh dewasa. Ini adalah salah satu rahasia masa penuaan yang sehat. Hal tersebut diungkapkan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan melalui jurnal Trends in Cognitive Sciences. Peneliti mencatat, mencegah penurunan daya ingat lebih baik dari pada mencoba untuk memperbaikipenurunan yang sudah ada.
            Dalam studi ini, peneliti Louis Cozolino, PhD mengatakan, bahwa ada bukti yang cukup kuat bahwa mempertahankan kondisi fisik dan mental secara aktif adalah jalan untuk perawat otak. Gunakan otak atau anda akan kehilangan fungsinya. Otak adalah organ yang sangat kompleks dengan sistem yang berbeda.
            Profesor psikologi di Pepperdine university mengatakan, beberapa sistem akan mulai meneurun pada dekade ketiga atau keempat dalam kehidupan manusia, dibawah itu fungsi otak berjalan lebih baik.
            Meskipun faktor biologis seseorang memainkan peran dalam usia otak manusia, sekarang jelas bahwa interaksi sosial yang dilakukan seseorang juga turut mempengaruhi. Selanjutnya menurut profesor, hubungan sosial merangsang neurokimia otak untuk membantu tetap sehat, slah satu formula untuk otak adalah dapaat menyebabkan penuaan otak lebih cepat terjadi.
            Menurut Cozolino, ada dua macam manusia, mereka yang menghabiskan waktu dengan menyalakan televisi dan mereka yang memilih mematikannya.



Sumber : Psikologi Zone

Tidak ada komentar:

Posting Komentar