Senin, 18 Juni 2012

Kemampuan Sosial Bantu Anak Beradaptasi


        Orang tua perlu untuk membangun kompetensi sosial anak, mereka harus mulai membangun kecerdasan sosial sejak dini. Anak harus mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitar mereka, menjalin hubungan emosional dan juga mendapatkan nutrisi yang seimbang.
            Kemampuan sosial anak sangat penting, karena apabila anak tidak dapat mencatat kompetisi sosial minimal usia enam tahun, maka sebagian besar anak-anak akan mengalami masalah saat dewasa dalam bidang tertentu.
            Psikolog dan Direktur Personal Growth, Counseling & Development Center, Jakarta, Ratih Ibrahim memaparkan , bahwa hasil berbagai penelitian yang dilakukan dalam rentang waktu tahun 1990-2000 menunjukan bahwa adaptasi sosial dan emosional anak jangka panjang, perkembangan akademik dan kognitifnya dan kehidupannya menunjukkan betapa pentingnya perkembangan sosial-emosional anak saat mereka masih dalam tahap pertumbuhan. Kemampuan sosial akan makin berkembang bila mereka ikut berpartisipasi aktif, tidak hanya mengamati dan merasakan pengaruh pengaruh orang dewasa disekitarnya.
            Orang tua juga merupakan role-model, dan anak dapat belajar untuk meniru sikap orang tua tersebut dengan lingkungan sosial, maka dari itu para orang tua di Indonesia harus bisa mewujudkan dan mendidik anak yang life-ready dimasa depannya, agar anak mampu menjalin segala tantangan dunia.





Referensi : Psikologi Zone

Tidak ada komentar:

Posting Komentar