Kamis, 21 Juni 2012

6 Peristiwa yang Bisa Menyebabkan Gangguan Makan


Gangguan makan bisa dipicu oleh kurangnya dukungan setelah peristiwa traumatis, misalnya kematian, masalah pada hubungan, penyiksaan dan kekerasan seksual. Bahkan berpindah-pindah sekolah atau rumah dapat membuat remaja mengalami gangguan makan.
            Hal tersebut mrupakan hasil sebuah penelitian baru yang diterbitkan oleh Journal of Clinical Nursing dalam edisi Mei 2012. Penelitian dilakukan pada 26 pasien wanita dan satu pasien pria berusia 17-64 tahun di sebuah klinik sepsial rawat jalan. Pasien telah menderita gangguan makan selama kurun waktu 20tahun.
            Menurut Dr Jerica M Berage, tujuan dari studi yang dilakukan adalah untuk mnegetahui apakah ada hubungan antara peristiwa peralihan dalam kehidupan keluarga dengan terjadinya gangguan makan.
            Gangguan makan merupakan masalah kesehatan masyarakat yang penting dan dengan mengetahui penyebabnya, kita bisa mengembangkan pengobatan dan dukungan yang lebih efektif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut terdapat 6 peristiwa yang dapat mempengaruhi terjadinya gangguan makan, seperti :
1.        Transisi sekolah merupakan peristiwa yang dapat memicu gangguan makan. Mereka mengalami masalah adaptasi saat baru meninggalkan rumah untuk pergi mengenyam bangku kuliah. Bagaimana mereka merindukan teman dan keluarga.
2.        Perubahan dalam sebuah hubungan adalah peristiwa kedua. Berpisah dengan orang yang dicintai bisa membuat gangguan makan terjadi. Seseorang bisa kehilangan selera untuk makan.
3.        Kematian salah satu anggota keluarga adalah peristiwa ketiga. Kehilangan salah satu anggota keluarga atau teman dekat terbukti memberikan efek traumatis. Mereka tidak tahu bagaimana menghadapi kesedihan dan membutuhkan dukungan.
4.        Transisi pekerjaan dan pindah rumah adalah peristiwa keempat. Pindah rumah dapat membuat sebagian orang kehilangan dukungan dari lingkungan yang sudah dijalani di tempat sebelumnya.
5.        Sakit adalah peristiwa kelima. Beberpa pasien mengatakan bahwa ketika mereka sakit, nafsu untuk makan pun berkurang.
6.        Pelecehan seksual adalah peristiwa keenam yang bisa memicu gangguan makan.





Referensi : Psikologi Zone

Tidak ada komentar:

Posting Komentar