Sabtu, 12 Februari 2011

Konsep Sehat

sehat adalah keadaan dinamis yang berubah secara terus menerus sesuai dengan adaptasi individu terhadap berbagai perubahan pada lingkungan internal dan eksternalnya untuk mempertahankan keadaan fisik, emosional, inteletual, sosial, perkembangan, dan spiritual yang sehat.
Kesehatan didefinisikan sebagai kesehatan badan, rohani (mental) dan sosial, dan bukan hanya keadaan yang bebas dari penyakit, cacat dan kelemahan.
Sehat adalah tidak hanya sehat dalam arti fisik, psikologis, dan sosial, tetapi sehat dalam arti spiritual / agama. (Empat dimensi sehat : bio – psiko – sosio – spiritual ).
Kesehatan Jasmani
Kemampuan mekanistik dari tubuh. Merupakan definisi yang dapat ditelaah secara langsung atau memiliki dimensi yang paling nyata. Kesehatan Mental, Kemampuan berpikir dengan jernih dan koheren.
Kesehatan Emosional/Afektif
Kemampuan mengenal emosi dan mengekspresikan emosi tersebut secara tepat
Bentuk emosi: takut, nikmat, duka, marah, dsb. Afektif berupa penanganan stres, ketegangan jiwa, depresi dan kecemasan. Kesehatan Spiritual Kemampuan seseorang dalam mencapai kedamaian hati Berkaitan dengan kepercayaan dan praktek keagamaan.
Kesehatan Sosial
Kondisi kesehatan individu yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat yaitu terpenuhinya kebutuhan dasar dan kebutuhan emosional. Kebutuhan dasar: makan, pakaian, papan. Kebutuhan emosional: penghargaan terhadap HAM, tekanan politik.
Kemampuan untuk membuat dan mempertahankan hubungan dengan orang lain.
Perilaku kehidupan dalam masyarakat. Kemampuan untuk memelihara dan memajukan kehidupan pribadi dan keluarganya sehingga memungkinkan bekerja, beristirahat dan menikmati hiburan pada waktunya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar